Inilah Multivitamin yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan saat sebelum kehamilan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan adanya perkembangan janin yang terjadi di dalam kandungan ibu. Janin akan mengambil apa saja yang dibutuhkannya melalui tali plasenta langsung dari tubuh ibu sehingga kebutuhan zat gizi yang dulunya hanya untuk ibu saja, kini harus juga tersedia untuk janin atau bayi agar keduanya tetap sehat dan bisa berkembang.

Untuk menjamin ketersediaan zat gizi ini, kesehatan saluran pencernaan sebagai sumber zat gizi diproses menjadi sangat penting. Usus yang sehat akan bisa digunakan untuk menyerap zat gizi dengan maksimal. karena itu, ada baiknya ibu hamil selalu mengkonsumsi probiotik untuk kesehatan saluran cerna setiap harinya. Dengan adanya probiotik yang mengandung bakteri baik ini, bisa diandalkan untuk mencegah terjadinya penyakit di saluran pencernaan tersebut. Bakteri baik akan memerangi bakteri jahat yang menjadi penyebab penyakit sehingga kondisi usus lebih baik untuk menyerap sari makanan dengan lebih sempurna.

Selain multivitamin dalam bentuk probiotik untuk saluran pencernaan, ada juga suplemen multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil untuk sumber zat gizinya. Dalam hal ini zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi dan asam folat. Zat besi dibutuhkan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasa karena ada proses pembentukan jaringan baru setiap detiknya di rahim ibu. Kekurangan zat besi pada ibu hamil bukan hanya berpotensi menyebabkan anemia namun juga bayi yang lahir dengan kondisi cacat karena kurangnya hemoglobin.

Dari uraian di atas, sangat disadari bahwa pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia bagi ibu hamil adalah hal yang tak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu bagi ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi cukup adalah hal yang penting. Sayangnya tak semua ibu hamil menyukai makanan dengan zat besi tinggi seperti sayuran hijau sehingga harus ada alternatif lain untuk memasukkan zat besi dalam tubuhnya yaitu dengan menggunakan suplemen zat besi yang lebih praktis.

Leave a Reply